Selamat Datang di Portal Pendidikan

Murottal Irama Quran ( MURI - Q ) di SDIT At-Taqwim



Membaca Al-qur’an terasa lebih indah dan menyentuh jika dilagukan dengan irama yang indah pula, atas dasar tersebut Ustadz M. Dzikron al-hafidz, membuat terobosan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan irama.

Metode ini di namakan MURI-Q (MUROTTAL IRAMA QUR’AN), yang menggabungkan metode praktis membaca al-qur’an dan teknik melagukan bacaan al-qur’an sesuaitajwidnya, metode ini bisa diterapkan untuk anak-anak, remaja maupun orang tua yang ingin belajar al-qur’an dengan baik dan benar, lebih indah, praktis, mudah dan efektif.

Metode ini Kami terapki di Sekolah SDIT AT-Taqwim, dengan metode membaca ini diharapkan ada kesamaan pelantunan ayat suci Al-Quran serta adanya kenikmatan dalam membaca maupun mendengar nya.

Tidak hanya itu, dalam menerapkan metode ini di sekolah SDIT AT-Taqwim para Guru atau Ustada dan Ustadzah nya dilatih langsung oleh sang penemu yaitu Ustadz Dzikron al-hafidz dan di Update oleh Muridnya secara berkala. Maka dengan ini diharapkan ada terus hal-hal baru yang bisa di temukan.

Firman Allah Ta’ala,

“Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan/tartil.” (Q.S Al Furqan 32)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hiasilah Al-Qur’an dengan suaramu.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Al-Hakim). Di dalam hadits lain dijelaskan, “Tidak termasuk umatku orang yang tidak melagukan Al-Qur’an.” (HR. Bukhari dan Muslim). Maksud hadits ini adalah membaca Al-Qur’an dengan susunan bacaan yang jelas dan terang makhroj hurufnya, panjang pendeknya bacaan, tidak sampai keluar dari ketentuan kaidah tajwid.

MURI-Q menggabungkan metode praktis membaca Alquran dan teknik melagukan bacaan Alquran sesuai tajwid. MURI-Q merupakan usaha menumbuhkan jiwa kaum muslimin utk gemar dan cinta membaca Alquran.

Metode MURI-Q bisa diterapkan untuk anak-anak, remaja, maupun orang tua yang ingin belajar membaca Alquran dengan benar dan indah. Lebih mudah, praktis, dan efektif.

Mempelajari MURI-Q sangatlah mudah. Cukup dengan melihat buku yang di dalamnya terdapat contoh-contoh bacaan dari yang mudah sampai yang sulit.


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SDIT AT-TAQWIM - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger